Jenis Tanah di Indonesia

Salah satu cabang ilmu yang mendukung geografi adalah ilmu tanah. Yang dimaksud dengan ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari tentang tanah – tanah secara keseluruhan, yang di dalamnya mencakup sifat fisik dan kimia tanah, struktur tanah, persebaran jenis tanah, dan berbagai hal lain tentang tanah.

Dalam ilmu tanah ini, salah satu hal utama yang dipelajari adalah mengenai pedosfer. Lalu, apa yang dimaksud dengan pedosfer? Pedosfer merupakan lapisan tanah yang berada di permukaan bumi. Jadi, dalam materi mengenai pedosfer ini dipelajari tentang berbagai hal mengenai lapisan tanah, terutama yang ada di permukaan bumi, seperti di antaranya adalah jenis tanah.

Indonesia sendiri merupakan negara yang kaya akan berbagai jenis tanah. Ada banyak jenis tanah yang bisa ditemukan di Indonesia dengan https://education.microsoft.com/Status/Public?token=eOxnX2NV karakter atau ciri khasnya tersendiri. Tanah yang ada di Indonesia terbentuk dari berbagai hal, mulai dari tanah yang berasal dari bebatuan yang telah lampuk.

Ada juga tanah yang muncul akibat retaknya batuan yang disebabkan oleh panas matahari, akar tumbuhan yang ujungnya mengeluarkan cairan sehingga menghancurkan batuan yang diterobos, dan juga karena hewan-hewan kecil, seperti cacing yang membuat lubang pada batuan atau tanah.

Tanah alluvial merupakan tanah yang berasal dari sedimen lumpur yang dibawa oleh air sungai. Tanah ini merupakan hasil erosi yang kemudian diendapkan bersama dengan lumpur sungai. Ciri khas dari tanah alluvial adalah memiliki warna yang kelabu dan sifatnya subur.

Umumnya, tanah alluvial ditemukan di wilayah dataran rendah. Di Indonesia, tanah alluvial banyak ditemukan di wilayah timur Sumatera, Bagian utara Jawa, Kalimantan bagian selatan dan tengah, bagian utara dan selatan Papua.

Sekian dari artikel Jenis Tanah di Indonesia, Terima kasih.

Latest